Rabu, 08 Oktober 2014

KEPEMIMPINAN

Pemimpin tradisional adalah orang yang dapat mempertahankan suatu visi, menyatakannya dengan jelas dan mengkomunikasikannya dengan penuh semangat serta karisma. Ia juga menjadi orang yang tindakan-tindakannya mewujudkan nilai-nilai tertentu yang menjadi patokan bagi orang lain.

Pemimpin yang satunya memberi kemudahan bagi munculnya pembaruan. Ia menciptakan kondisi, bukan memberi arahan, dan menggunakan kekuatan otoritas untuk memberi kuasa bagi orang lain. Ia juga menciptakan suatu visi; pergi ke tempat-tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. Ia memberi kesempatan kepada masyarakat secara keseluruhan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Ia memudahkan kreativitas.

Pemimpin yang baik akan memberitahu anak buahnya secara terbuka mengenai aspek perubahan yang sudah dipastikan dan apa yang masih belum pasti. Mereka akan mencoba membuat prosesnya transparan, walau hasilnya tidak bisa diketahui sebelumnya.

Pemimpin yang berpengalaman akan mengevaluasi situasi, memegang komando (kendali) bila perlu, namun tetap cukup fleksibel untuk melepasnya. Untuk menjadi pemimpin seperti itu memerlukan berbagai kecakapan, sehingga memungkinkan berbagai jalur tindakan.

****Sumber : Buku “The Hidden Connection” (Kehidupan Dan Kepemimpinan Organisasi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar